Kala Mengemis Dijadikan Sebagai Profesi



"Tu orang emang ga tau bersyukur kali, ya??" kata tukang sampah yang biasa mengambil sampah di toko saya.



"Emangnya kenapa, boss??" tanya saya.


"Sehari ngemis dapet lapan puluh rebu, masih aja ngedumel.. 'Sama aja kaga dapet duit klo cuman segini, mah..', katanya." lanjut si bapak tukang sampah.


"Buseeet... Lapan puluh rebu mah gede itu, boss..  Gaji pokok gw sehari aja kalah." timpal saya.


"Iya.. Emang ga tau bersyukur tu orang. Katanya seh emang biasanya paling dikit dapet dua ratus rebu sehari." kata bapak tukang sampah lagi.


Dan saya pun hanya bisa bengong...


Dua ratus ribu rupiah per hari?? Kalo sebulan tiga puluh hari, berarti dia dapet enam juta rupiah dalam sebulan!!
Cuma ngemis doank!!


Padahal yang ngasih sedekah ke pengemis itu rata-rata hanyalah para pekerja pabrik yang gajnya diantara satu sampai dua jutaan..
Parah banget tuch!!  Lebih kaya yang minta-minta daripada yang ngasih.


Kalo sudah sekian lama ngemis, berarti sekarang dia harusnya udah jadi orang kaya, donk.. Tapi kok masih ngemis??


Sewaktu saya ceritakan hal itu kepada seorang kawan saya, dia malah tertawa.


"Yang kayak gitu mah udah biasa di sini, mas.. Klo mas lihat pengemis yang di dekat rel sana, yang kakinya buntung, dia sebenernya dah kaya itu..  Tiap hari dia diantar jemput pake mobil pribadi..  Mobilnya sendiri!!  Udah gitu kontrakannya juga udah banyak.. Hasil ngemis dia selama ini.." katanya.


"Lho??  Sudah punya mobil dan banyak kontrakan kok masih ngemis aja??"


"Ya namanya sudah jadi kebiasaan, mas.. Duit didapet ga pake ribet.. Banyak lagi dapetnya!!  Sapa yang ga ketagihan??"


Saya hanya geleng-geleng kepala mendengar cerita kawan saya itu.
Kok tega-teganya ya mereka?? Mengkhianati kepercayaan dan niat orang lain untuk beribadah!! Merebut rezeki mereka yang sebenarnya benar-benar membutuhkan!!
Ini jelas-jelas merupakan penipuan berkedok pengemis!!



Karena hal inilah saya jadi males banget bersedekah klo ada pengemis datang ke tempat saya di sini.. Apalagi pengemis musiman yang hanya ada klo tiap hari jumat aja di masjid dekat tempat saya.. Lebih baik uangnya saya masukin kotak amal..  Lebih jelas kegunaannya..


Saran saya, lebih berhati-hati lagi dalam bersedekah.. Jangan sampai niat baik kita jadi pupuk penyubur sifat malas mereka.


Akhirnya saya pun bisa "sedikit memaklumi" mengapa para pejabat di atas sana banyak yang mengkhianati niat baik para pembayar pajak..  Lha orang sedekah yang kelas lima ratus dan seribu rupiah aja banyak diselewengkan oleh oknum pengemis sehingga tidak sampai kepada yang berhak, apalagi pajak yang nilainya milyaran atau bahkan triliunan??


Meskipun ga semua pengemis adalah pemalas atau penipu, meskipun tidak semua pejabat adalah koruptor, tetapi jumlah mereka yang mengkhianati kepercayaan masyarakat jauh lebih banyak daripada yang jujur..


Dasar mental pemalas!! Dasar mental maling!!
Ga pejabat, ga pengemis, semua sama aja!!
@$#&^%*&#$^%^$$!!!!!

20 komentar:

Khocet 15 Mei 2012 19.03  

nice one...visit me too buddy

FBA 16 Mei 2012 10.39  

manusia itu tidak akan pernah ada puasnya ya bos... :)
yang jelas setiap manusia membutuhkan uang

tik tok 16 Mei 2012 11.34  

Saya pribadi jarang sekali memberi sedekah pada pengemis..bukan pelit,tp dgn tubuh yg tanpa cacad,apa harus kita memberi.
Kita harus bisa membedakan mana orang yg pantas untuk diberi sedekah.

Rerire 16 Mei 2012 12.34  

memang, sekarang ngemis di jadikan profesi utama oleh mereka yang malas bekerja  !

Rerire 16 Mei 2012 14.07  

@cinderelas : kayaknya ancur banget deh kalo semua orang pemalas jadi profesi gitu.
iya, makin hari makin banyak, bikin semrawut indahnya kota !

oboy 17 Mei 2012 00.49  

Kadang kitapun menjadi bingung antara pengemis betulan dan cuma kerjanya pengemis????@!%$^*(()"{: jadi bingung kan ??

black2share 17 Mei 2012 10.33  

Bener sob mungkn dah mental pemalas, malahan suka bingung ngeliat ada pengemis masih muda malahan kynya lebih muda dari ane :D seminggu sekali lewat rumah, padahal kan bisa mencoba nyari kerja yang laen....

Mahasiswa Songong 17 Mei 2012 22.52  

mengemis ampunan :D

Kang Topjer 18 Mei 2012 11.43  

weh wehhhhhh,, bnr2 tuh pngemis, jiwa miskin! (emosi)

aully 18 Mei 2012 15.01  

iya,,sekarang byk pengemis yg di jadikan fropesi,,,

akhatam 22 Mei 2012 10.46  

Whahhaha... udah kaya karena ngemis, ya itulah profesinya... alias ketagihan ntu tadi...

Ikhbal Gusri 22 Mei 2012 14.29  

waluapun pengemis tapi ada yg penghasilannya spmpai 300rb sehari

CahNdeso 24 Mei 2012 16.23  

Subhanallah... ngemis dapat puluhan ribu aza masih ngedumel.. dasar calon arang tuh orang!!!
Salam sahabat..

Madjongke 27 Mei 2012 02.31  

Kalau itu sih sudah dari dulu. Cuma kitanya saja yang gak tahu

Fa.Brian G.P 3 Juni 2012 20.36  

Didaerah saya juga ada :), punya sapi banyak tuh pengemis di rumahnya, seharian cuma ngemis di depan toko, duduk-duduk aja. Di lain sisi setuju untuk memberikan sedekah, di lain sisi memberikan sedekah itu baik :). Cara amannya adalah, mending ke tempat panti asuhan orang difabel dan membantu mereka dengan memberikan sedekah :), sedekah bukan berarti harus money, tetapi kasih sayang dan perhatian terhadap mereka itu sudah sedekah :).

novi saja 7 Juni 2012 16.24  

gimana lagi yah,,, nyari kerja yang laen juga gak gampang (nah loh? saya bukan pengemis kuk)


emang susah bedain yang miskin beneran ama yang pura-pura miskin.

Imron 4 Agustus 2012 13.17  

Terkadang ada susah itu dibuat-buat, "Kala Mengemis Di Jadikan Profesi" akhirnya ketagihan, semoga mereka cepat diberikan petunjuk

BLOGNOLER 9 Agustus 2012 23.17  

@cindelaras
Mudah-mudahan para pengemis gadungan di indonesia diberikan petunjuk supaya bertaubat,,,amiin.Dan yang pengemis beneran, mudah-mudahan bisa diberikan rizki yang banyak oleh Allah SWT, biar gak ngemiss lagi ngemis lagi,, blogwalking Sob,, apa kabarny..kunjung2 lagi ya ke Blognoler :D

Tiket Pesawat Murah 30 Oktober 2012 12.09  

Bener boss... ane setuju banget, terutama tuk paragraf terakhir :

"Meskipun ga semua pengemis adalah pemalas atau penipu, meskipun tidak semua pejabat adalah koruptor, tetapi jumlah mereka yang mengkhianati kepercayaan masyarakat jauh lebih banyak daripada yang jujur."


Putra Holic 9 Januari 2013 11.53  

Judulnya unik sob hehehe...Memang skrng terkadang banyak juga pengemis di jadikan sebagai lahan kerjaan atau profesi. tau sendiri tanpa di sadari justru terkadang pendapatan yang ia peroleh cukup lumayan dalam sebulan dr pekerjaan mengemis. kita g bs pandang sebelah mata

Posting Komentar

boleh copy-paste, namun mohon sertakan link langsung ke sumber postingannya. :)





Stats


Google PageRank Checker