Kemana Tahu?


Aku tahu banyak orang sudah banyak tahu atas apa yang ku tulis.

Lalu kenapa aku masih menulis yang orang lain sudah tahu?
Apakah memang ada yang kurang tahu?
Ataukah aku hanya sok tahu?

Haduh!!
Kenapa aku jadi tidak tahu?
Tahu-tahu aku hilang tahu!

Sampai kebingungan aku mencari tahu.
Kemana aku punya tahu?

Aku coba bertanya kepada Gareng,
karena banyak wayang tahu bahwa dia suka memberi tahu.

Ternyata Gareng tak tahu ke mana aku punya tahu.

Aku coba bertanya pada Petruk,
karena bayak wayang tahu bahwa dia suka mencari tahu.

Ternyata Petruk pun tak tahu kemana aku punya tahu.

Lalu kucoba bertanya kepada Bagong,
karena banyak wayang tahu bahwa dia banyak punya tahu.

Dan ternyata Bagong juga sama tidak tahu ke mana aku punya tahu.

Akhirnya aku bertanya kepada Ki Semar,
karena bagi banyak wayang dia adalah sumber tahu.

Dengan pandangannya yang lembut dan tawa terkekehnya yang khas,
Ki Semar berkata, "Mengapa kau tidak memohon kepada Yang Maha Tahu untuk diberi tahu??"

Baca Selanjutnya

curhat...


Rasanya sudah lama sekali saya ga nulis di blog ini. Sudah lebih dari 3 bulan lamanya.

Semua yang saya coba untuk tulis di blog ini mangkrak di kolom draft, hanya berupa draft tanpa pengembangan dan ending yang jelas.

Bulan Juni, Juli, dan Agustus ini memang sangat spesial buat saya dan keluarga saya.
Tuhan menunjukkan betapa Dia sangat menyayangi keluarga saya.

Berawal di akhir bulan Juni, paman saya terkena serangan stroke. Menurutnya, ini merupakan hasil guna-guna orang yang tidak suka kepadanya. Akhirnya paman saya pun masuk Rumah Sakit.

Pada taggal 9 Juli 2012, tepat sehari sebelum hari ulangtahun saya, paman saya meninggalkan kami semua.
Meninggalkan keluarga besar kami serta seorang istri dengan empat orang anaknya. Inalillahi wa inna ilaihi roji'un.. 

Sedih sekali rasanya waktu itu. Bahkan saya pun tidak bisa pulang ke Jogja untuk sekedar mengantarnya ke peristirahatannya yang terakhir.
Hanya adik perempuan saya yang tengah hamil tua, yang selalu mengabari saya tentang sakitnya hingga meninggalnya paman saya.

Tiga hari kemudian, tanggal 13 Juli 2012, Allah kembali menunjukkan betapa Dia sangat menyayangi kami.
Adikku yang tengah hamil tua, yang telah lebih dari setahun lalu menikah, akhirnya melahirkan seorang bayi lelaki yang mungil dan tampan. Senang sekali rasanya.

Saya sempat menanyainya lewat telepon, "Gimana, Na??  Sakit ga melahirkan??"
 
Dan dia jawab, "Waktu melahirkannya ga sakit kok, mas.. Tapi waktu diinduksi rasanya sakit.."

"Kapok ga melahirkan??"

"Enggak...  hehehheheee...."

Bahagia sekali rasanya waktu itu. Adikku sendiri memang sejak awal ingin punya 3 atau 4 orang anak, jadi dia bilang dia ga kapok buat melahirkan..   :)
Subhanallaah...     :)

Saat itu saya juga ga bisa pulang untuk menjenguk adik saya.
Karena waktu itu sudah mau masuk bulan puasa, saya pun berencana pulang nanti sewaktu lebaran untuk melihat keponakan saya.

Momen lebaran itu rencananya akan menjadi momen berkumpulnya keluarga inti kami secara komplit. Sudah sekitar 11 tahun lamanya kami tidak berkumpul di hari lebaran secara lengkap. Sudah 10 kali lebaran saya tidak bisa merayakannya di Jogja.

Tahun lalu saya dapat merayakannya di Jogja, tetapi adik perempuan saya ini baru bisa pulang beberapa hari setelah lebaran. Dia dan suaminya bekerja di Kalimantan dan suka sulit mendapatkan tiket untuk mudik. Saat dia sudah di rumah, adik saya yang lain sudah balik lagi ke jakarta untuk mulai bekerja.
Tahun ini, rencana kumpul-kumpul keluarga kami akan semakin lengkap dengan bertambahnya anggota baru keluarga kami, si bayi yang lucu dan tampan..   :)

Namun ternyata takdir berkata lain..

Sore hari tanggal 1 Agustus 2012, tepat 20 hari usia keponakan saya yang belum pernah saya lihat, adik perempuan berencana hendak membeli beberapa barang untuk merayakan aqiqah anaknya yang rencananya akan dilakukan pada keesokan harinya. Namun ternyata, hari itu adalah hari terakhir dalam hidupnya..

Adik saya mengalami kecelakaan maut dan meninggal dunia. Meninggalkan seorang suaminya, seorang bayi yang baru berumur 20 hari, dan kami semua..    :'(
Inalillaahi wa innaillaihi roji'un..

Terpukul sekali kami waktu itu.
Rencana keluarga untuk berkumpul secara lengkap di hari lebaran pupuslah sudah.

Sore itu juga saya, adik laki-laki saya, dan paman dan bibi saya yang di Jakarta pulang ke Jogja.

Hari berikutnya, hari yang direncanakan sebagai hari aqiqah keponakan saya, menjadi hari pemakaman untuk adik saya.

Sedih sekali rasanya. Terlebih kami tidak dapat untuk sekedar melihat wajah adik saya untuk terakhir kali, karena jenazahnya dibalut kain kafan secara rapat, termasuk di bagian wajah.
Mereka bilang, adik saya mengalami luka yang sangat parah di kepala dan wajah. Untuk itu wajahnya pun ditutup rapat agar tidak menimbulkan trauma bagi keluaga.

Dan saya pun tak dapat lagi menahan kesedihan saya ketika melihat keponakan saya yang masih merah. Bayi mungil yang baru berumur 20 hari, yang seumur hidupnya minum ASI, mulai kemarin dia harus minum dari botol susu.

 
Malang sekali nasip keponakan saya ini. Barulah 20 hari umurnya, dia sudah ga punya ibu.
Beberapa hari kami di Jogja, saya sudah measa ikhlas dan dapat menerima keadaan yang sudah ditakdirkan.

Setiap kali ziarah ke makam adik saya, saya selalu berdo'a dan berharap agar adik saya dapat beristirahat dengan tenang. Tanpa ada beban fikiran atau hal-hal yang mengganjal hatinya.


Setiap kali melihat keponakan saya, selalu ada harapan yang sangat besar kepadanya. Dialah yang akan jadi penerus orangtuanya kelak. Dialah penerus garis keturunan adik saya.

Lebaran tahun ini pun kami rayakan dengaan anggota keluarga kami yang baru, si bayi mungil kesayangan kami. Tanpa kehadiran ibunya.   :'(

Dan ternyata tidak sampai di situ saja bukti kasih sayang Tuhan kepada kami.

Hari jumat lalu, tanggal 31 Agustus 2012, saya dapat kabar dari Jogja kalau bapak saya terjatuh dan tulang tangan kririnya patah.
Dan sampai sekarang masih rawat jalan.

Subhanallaah..
Tiga bulan ini benar-benar sangat berkesan dalam hidup saya..




Baca Selanjutnya

Ketika Ada Cewek Lewat





Seorang gadis cantik nan seksi lewat di depanku..

Tahukah kau apa yang aku, aku, dan aku fikirkan??



Pikirannya Aku I : "Setiap lelaki menginginkan kekasihnya cantik dan seksi.. Kalau saja semua perempuan secantik dan seseksi ini, apa lagi yang diinginkan oleh lelaki?? Bukankah nafsu itu tiada batasnya??"


Pikirannya Aku II : "Ni cewe cakep amat..  Bohay lagi.. Tapi kayaknya jutek banget!! Galak sama cowo kayaknya.. Punya body bagus kok diumbar sich?? Ga sayang tuch jadi konsumsi orang banyak?? Apa emang udah ga ada lagi yang disakralkan dari bodinya kali ya??"

Aku III : (Ga make mikir langsung mendekat dan menggoda sambil cengar-cengir dengan tampang mesumnya!!)
"Halo cewek.. Kok sendirian aja, sich?? Mau ke mana?? Tak temenin, ya?? Boleh minta nomer hapenya, enggak?? Ngekos di seberang itu, ya?? Nanti malem aku boleh maen ke kosanmu, ya..??
Hihihihiihiii....... :D"
Baca Selanjutnya

Bengkak,..



Suatu hari Tom mendatangi dokter spesialis kelamin untuk berkonsultasi.

"Dok, saya ada masalah.. Tapi dokter jangan ketawa, ya??" kata si Tom.

"Saya tidak akan tertawa. Itu melanggar kode etik saya sebagai dokter." kata sang dokter.

Tom kemudian  langsung menurunkan celananya, dan terlihatlah kelaminnya yang berukuran sangat kecil, sebesar penghapus pada pensil 2B.

Melihat itu, sang dokter tak kuasa menahan tawa dan tertawa terbahak - bahak sampai bergulingan di lantai.

Lima menit kemudian si dokter dapat menguasai diri. "Maaf saya tadi kelepasan, tapi saya janji saya tak akan mengulanginya.. Sekarang, katakan keluhan anda.." kata sang dokter.

Dengan wajah begitu sedih, si Tom berkata, " Sudah tiga hari, dok.. Bengkaknya ga ilang-ilang..."
Baca Selanjutnya

Kala Mengemis Dijadikan Sebagai Profesi



"Tu orang emang ga tau bersyukur kali, ya??" kata tukang sampah yang biasa mengambil sampah di toko saya.



"Emangnya kenapa, boss??" tanya saya.


"Sehari ngemis dapet lapan puluh rebu, masih aja ngedumel.. 'Sama aja kaga dapet duit klo cuman segini, mah..', katanya." lanjut si bapak tukang sampah.


"Buseeet... Lapan puluh rebu mah gede itu, boss..  Gaji pokok gw sehari aja kalah." timpal saya.


"Iya.. Emang ga tau bersyukur tu orang. Katanya seh emang biasanya paling dikit dapet dua ratus rebu sehari." kata bapak tukang sampah lagi.


Dan saya pun hanya bisa bengong...


Dua ratus ribu rupiah per hari?? Kalo sebulan tiga puluh hari, berarti dia dapet enam juta rupiah dalam sebulan!!
Cuma ngemis doank!!


Padahal yang ngasih sedekah ke pengemis itu rata-rata hanyalah para pekerja pabrik yang gajnya diantara satu sampai dua jutaan..
Parah banget tuch!!  Lebih kaya yang minta-minta daripada yang ngasih.


Kalo sudah sekian lama ngemis, berarti sekarang dia harusnya udah jadi orang kaya, donk.. Tapi kok masih ngemis??


Sewaktu saya ceritakan hal itu kepada seorang kawan saya, dia malah tertawa.


"Yang kayak gitu mah udah biasa di sini, mas.. Klo mas lihat pengemis yang di dekat rel sana, yang kakinya buntung, dia sebenernya dah kaya itu..  Tiap hari dia diantar jemput pake mobil pribadi..  Mobilnya sendiri!!  Udah gitu kontrakannya juga udah banyak.. Hasil ngemis dia selama ini.." katanya.


"Lho??  Sudah punya mobil dan banyak kontrakan kok masih ngemis aja??"


"Ya namanya sudah jadi kebiasaan, mas.. Duit didapet ga pake ribet.. Banyak lagi dapetnya!!  Sapa yang ga ketagihan??"


Saya hanya geleng-geleng kepala mendengar cerita kawan saya itu.
Kok tega-teganya ya mereka?? Mengkhianati kepercayaan dan niat orang lain untuk beribadah!! Merebut rezeki mereka yang sebenarnya benar-benar membutuhkan!!
Ini jelas-jelas merupakan penipuan berkedok pengemis!!



Karena hal inilah saya jadi males banget bersedekah klo ada pengemis datang ke tempat saya di sini.. Apalagi pengemis musiman yang hanya ada klo tiap hari jumat aja di masjid dekat tempat saya.. Lebih baik uangnya saya masukin kotak amal..  Lebih jelas kegunaannya..


Saran saya, lebih berhati-hati lagi dalam bersedekah.. Jangan sampai niat baik kita jadi pupuk penyubur sifat malas mereka.


Akhirnya saya pun bisa "sedikit memaklumi" mengapa para pejabat di atas sana banyak yang mengkhianati niat baik para pembayar pajak..  Lha orang sedekah yang kelas lima ratus dan seribu rupiah aja banyak diselewengkan oleh oknum pengemis sehingga tidak sampai kepada yang berhak, apalagi pajak yang nilainya milyaran atau bahkan triliunan??


Meskipun ga semua pengemis adalah pemalas atau penipu, meskipun tidak semua pejabat adalah koruptor, tetapi jumlah mereka yang mengkhianati kepercayaan masyarakat jauh lebih banyak daripada yang jujur..


Dasar mental pemalas!! Dasar mental maling!!
Ga pejabat, ga pengemis, semua sama aja!!
@$#&^%*&#$^%^$$!!!!!
Baca Selanjutnya

Tentang Asa





Tumapel (Singhasari)
Abad ke-13


Pada tahun 1220-an Masehi, Prabu Kertajaya dari kerajaan Kadiri sedang berperang meredakan pemberontakan kerajaan Tumapel yang dipimpin oleh
Sri Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi (Ken Angrok) yang didukung oleh para brahmana.


Sebuah urutan peristiwa menarik terjadi  dalam peperangan tersebut. Prabu Kertajaya, yang memiliki prajurit lebih banyak dan peralatan perang lebih lengkap, sesumbar tidak takut kepada Ken Angrok. Bahkan dia bersumpah bahwa dirinya hanya dapat dikalahkan oleh Bhatara Siwa. Mendengar sumpah itu, Ken Angrok pun segera memakai gelar Bhatara Siwa dan dibai'at oleh para brahmana melalui upacara sebagai titisan Bhatara Siwa. Padahal sebelumnya Ken Angrok diyakini sebagai titisan Bhatara Wisnu oleh seorang brahmana dari India yang bernama Lohgawe. Dan pada akhir peperangan, pasukan kerajaan Kadiri yang lebih besar pun dapat dikalahkan, dan Prabu Kertajaya "naik ke alam para dewa".


Jadi mana yang benar?? Ken Angrok itu titisan Bhatara Wisnu atau Bhatara Siwa??


Yang mana pun yang benar, yang jelas Ken Angrok telah memakai gelar Bhatara Siwa dan telah berhasil memenuhi sumpah Prabu Kertajaya dan "mengirimnya ke alam para dewa".




Yunani
Jaman Dulu Banget.



Sekitar 7 atau 8 abad sebelum Masehi, disuatu tempat di wilayah Yunani, ada sebuah simpul tali yang teramat rumit dan melegenda. Simpul Gordius namanya. Tersebar cerita bahwa siapa saja yang dapat mengurai simpul tali tersebut, dia akan menjadi raja yang besar, raja terbesar yang pernah ada di dunia.


Empat ratus tahun lamanya, beribu-ribu orang mencoba, tapi tak satu pun yang mampu mengurainya.
Hingga suatu hari datanglah seorang raja muda dari Macedonia, Alexander namanya.
Dihampirinya simpul tersebut. Dan tanpa berfikir panjang, ditebasnya simpul itu dengan pedangnya. Dan terburailah tali simpul tersebut. Terpotong-potong dalam satu tebasan.


Simpul Gordius yang selama 400 tahun melegenda akhirnya terurai oleh satu tebasan pedang..


Dan apakah cerita legenda itu terwujud?? Apakah sang pengurai simpul Gordius tersebut akhirnya menjadi raja terbesar yang pernah ada??


Jawabannya adalah "iya"!!


Alexander menjadi seorang Senopati (Panglima Perang) yang tak pernah kalah dalam setiap pertempuran, meskipun seringkali jumlah pasukan musuhnya jauh lebih banyak dari jumlah pasukannya. Dan dia berhasil mendirikan sebuah imperium raksasa yang membentang dari Eropa, Afrika Utara, hingga Asia Tengah dan Selatan. Kerajaan dengan kekuasaan terluas yang pernah tercatat dalam sejarah.




Di Salah Satu Sudut Kota Jababeka  (Bekasi)
Hari Sabtu Di Bulan Mei

Saya masih terbengong-bengong mendalami kedua cerita di atas.



Setelah membaca cerita tentang pemberontakan Ken Angrok, saya berfikir pakah jika Ken Angrok tidak memakai gelar Bhatara Siwa, tidak dapat mengalahkan Prabu Kertajaya dari Kadiri??
Dan apakah benar sumpah Prabu kertajaya bahwa dia hanya dapat dikalahkan oleh Bhatara Siwa??


Saya berfikir bahwa sumpah yang diucapkan Prabu Kertajaya hanyalah semacam intimidasi mental atas para pemberontak dari Tumapel. Bisa juga sebagai motivasi para prajurit Kadiri yang bertempur, agar mereka yakin bahwa mereka tak mungkin dapat dikalahkan para pemberontak dari Tumapel. Jika sumpah itu memang benar, tidak mungkin Prabu Kertajaya dapat dikalahkan oleh Ken Angrok, karena Prabu Kertajaya hanya bisa dikalahkan oleh Bhatara Siwa, sedangkan waktu itu Ken Angrok dipercaya sebagian orang sebagai titisan Bhatara Wisnu.


Tetapi dengan memakai gelar Bhatara Siwa, secara tak langsung Ken Angrok sendiri melakukan pembenaran atas sumpah musuhnya tersebut. Dengan dibai'at para brahmana melalui suatu upacara, Ken Angrok
ditetapkan sebgai titisan Bhatara Siwa. Hal ini juga membuat saya berfikir bahwa ini hanyalah suatu intimidasi mental balasan kepada Prabu Kertajaya dan para prajuritnya, sekaligus menaikkan semangat perang para prajurit pemberontak dari Tumapel.


Hasilnya??


Senjata makan tuan!!
Prabu Kertajaya termakan sumpahnya sendiri.


Tetapi apakah hanya karena adanya sumpah dan gelar yang membawa kesuksesan Ken Angrok??


Saya rasa tidak. Saya sangat yakin sekali bahwan Ken Angrok adalah seorang yang ahli dalam strategi perang. Dia bisa mengalahkan pasukan Kadiri yang lebih banyak dan lebih lengkap senjatanya.
Dia bisa menghentkan hegemoni kekuasaan keturunan Kerajaan Medang (Mataram Kuno / wangsa Syailendra, wangsa Sanjaya, wangsa Isnaya) yang sejak awal berkuasa di tanah Jawa, dan kemudian mendirikan dinasti baru yaitu wangsa Rajasa (Tumapel/Singhasari), dan wangsa Wardana (Majapahit).


Tetapi harus diakui bahwa sumpah Prabu Kertajaya dan gelar Bhatara Siwa yang disandang Ken Angrok memang sangat berpengaruh dalam mengobarkan semangat tempur para prajurit Kadiri maupun Tumapel.
Dengan semangat tempur dan keyakinan bahwa rajanya adalah benar-benar titisan Bhatara Siwa, maka prajurit Tumapel yang jumlahnya dan perlengkapannya lebih sedikit dapat menggulung habis para prajurit Kadiri yang sudah terkenal kehebatannya sejak jaman Prabu Jayabhaya itu. Meskipun mungkin mereka sebelumnya sempat merasa kecut nyalinya karena sumpah yang diucapkan Prabu Kertajaya.


Itulah kekuatan dari sebuah motivasi (penyemangat) yang berbuah keyakinan dan asa (harapan) untuk menang, yang dapat membolak-balikkan keadaan. Yang dapat membuat sesuatu hal yang terlihat tidak mungkin menjadi mungkin, yang terlihat mustahil menjadi nyata dan benar-benar terjadi..


Lalu saat membaca cerita kedua, tentang Alexander yang agung, saya pun tidak kalah takjub dengan kekuatan semangat dan motivasi yang didapat Alexander dari keberhasilannya mengurai simpul Gordius.
Dengan motivasi, kecerdikan, dan keahliannya dalam strategi militer, perang, dan politik, dia mampu membuat imperium terbsar dalam sejarah di usia yang masih muda.. Dibawah 30 tahun!!


Dan harus diakui, Alexander adalah salah satu (kalau bukan satu-satunya!!) senopati yang tidak pernah kalah dalam semua pertempuran yang dialaminya, walau pun jumlah pasukan musuhnya seringkali jauh lebih besar dari pasukannya. Semangat tempur dan strategi perang yang hebat adalah senjata utamanya dalam menakukkan kerajaan-kerajaan bawahannya.


Dan satu lagi yang membuat saya kagum atas kedua tokoh sejarah tersebut adalah cara berfikir mereka yang lateral (di luar kebiasaan) dalam mengambil keputusan.


Saat mendengar sumpah Prabu Kertajaya, dengan entengnya Ken Angrok mengangkat diri sebagai titisan Bhatara Siwa dan memakai gelarnya.
Jika saya adalah Ken Angrok pada waktu itu, mungkin yang akan saya lakukan adalah berpesan kepada prajurit-prajurit saya agar tidak termakan sumpah ngibulnya Prabu Kertajaya. Saya akan meyakinkan para prajurit bahwa Prabu Kertajaya adalah manusia biasa yang dapat dikalahkan siapa saja.


Tetapi langkah yang di luar pemikiran biasa yang diambil oleh ken Angrok. Sumpah Prabu Kertajaya yang seharusnya melemahkan mental para prajuritnya malah dibenarkan dan dibalikkan menjadi pengobar semangat prajurit Tumapel.


Sedangkan Alexander saat melihat rumitnya simpul tali Gordius, dengan santainya dia menebas simpul itu hingga terburai.
Padahal selama 400 tahun banyak orang dengan susah payah mencari celah dengan marunut ujung-ujung simpul tersebut, menarik dan mengulurnya, memutar-mutarnya, dan berbagai cara "konvensional" telah banyak dilakukan.


Tetapi nampaknya bagi Alexander tidak masalah bagaimana simpul itu terurai. Kalau bisa pakai cara mudah, kenapa harus pakai cara yang sulit??
Tebas saja pakai pedang!! Terburailah simpul tersebut!!


Sebuah pemikiran yang sederhana, tetapi di luar cara berfikir orang kebanyakan..


Kecerdasan dan kejelian dalam mengambil keputusan yang dimiliki Ken Angrok dan Alexander itulah yang membuat saya masih terbengong-bengong sambil mengetik artikel ini..


Kalau saja para pemimpin kita sekarang punya semangat, kecerdasan, dan keberanian seperti mereka, kira-kira seperti apa ya negara kita sepuluh tahun lagi??
Baca Selanjutnya

Pemimpin

Saat memimpin suatu kelompok orang, berjalanlah di sisi orang-orang tersebut.



Seorang pemimpin yang terbaik adalah seseorang yang tak akan disadari keberadaannya oleh orang-orang yang dipimpinnya.

Prabu Kresna Dwipayana / Resi Abyasa (Penulis sekaligus tokoh cerita dalam kitab Mahabarata)



Tingkatan di bawahnya adalah seorang pemimpin yang dihormati dan dihargai oleh orang-orang yang dipimpinnya.

Prabu Ramawijaya / Sri Rama (titisan Wisnu, raja Ayodya dalam wiracarita Ramayana)



Tingkatan di bawahnya lagi adalah seorang pemimpin yang ditakuti oleh orang-orang yang dipimpinnya.

Prabu Rahwana (Raja Raksasa kerajaan Alengka dalam wiracarita Ramayana)



Dan tingkatan terendah seorang pemimpin adalah seorang pemimpin yang dibenci oleh orang-orang yang dipimpinnya.

Prabu Duryudana (Raja Hastina, Kurawa tertua dalam wiracarita Mahabharata)


Kala seorang pemimpin yang terbaik telah selesai menunaikan tugasnya, orang-orang yang dipimpinnya akan berkata, "kami melakukannya sendiri!!"



(terjemahan bebas dari kata-katanya Lao Tsu)

Baca Selanjutnya

Tips Mengakali Kenaikan Harga BBM

Baru saja kita melewati masa-masa penuh demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi.

Memang, pada akhirnya rencana kenaikan harga BBM bersubsidi urung dilegalkan oleh para wakil rakyat sewaktu sidang paripurna kemarin. Tetapi, para wakil kita yang terhormat juga mengesahkan perubahan ayat 6 pasal 7 undang-undang APBN-P tahun 2012, yang pada intinya memberikan kuasa kepada pemerintah untuk menaikkan harga eceran BBM bersubsidi jika harga ICP (Indonesian Crude Price) atau harga minyak mentah Indonesia telah mencapai kenaikan hingga 15% selama 6 bulan terakhir.

Jadi, berdo'a saja semoga harga minyak mentah tidak akan naik lagi, apalagi sampai dengan 15%.


Kalau sampai terjadi, siap-siap saja menghadapi kenaikan harga BBM.

Akan tetapi masalahnya tidak hanya sampai di situ saja.

Kenaikan harga BBM akan menimbulkan efek domino terhadap kenaikan harga barang-barang yang lain. Karena Proses produksi terhadap barang-barang tersebut memang membutuhkan energi yang dihasilkan dari BBM. Ada juga dari energi listrik, yang tentu saja pembangkit listriknya sedikit banyak juga membutuhkan BBM untuk beroperasi.


Dan jangan lupa, proses distribusi barang juga menggunakan moda transportasi yang butuh energi dari BBM, seperti truk, kereta api, mobil, kapal laut, atau pun pesawat terbang. Atau barangkali masih ada yang menggunakan pedati yang ditarik kuda??

Kalau harga bbm naik, sudah tentu harga-harga yang lain pun akan ikut naik. Itu adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari, tetapi bisa diakali.  ;D

Dan berikut beberapa hal dari saya yang mungkin bisa kita terapkan seandainya harga BBM benar-benar jadi dinaikkan ;








Yang pertama, para ibu tidak perlu gusar sekiranya bahan kebutuhan pokok pada naik harganya.
 
Puasa itu sehat dan menyehatkan. Jadi, mari ajak seluruh anggota keluarga untuk berpuasa setiap hari. Anak-anak tidak usah jajan atau bawa bekal makan siang di sekolah. Yang pada kerja tidak perlu makan siang.
 

Dan jangan lupa, berhenti makan (sahur dan buka puasa) sebelum kenyang, karena hal itu juga menyehatkan dan bikin irit pengeluaran dapur..  ;)

Nikmatilah rasa lapar itu sampai kalian menemukan kenikmatan di dalamnya... :D

 



Yang kedua, untuk yang ke kantor, ke kampus, ke sekolah, atau ke mana pun,
tak usah lagi naik kendaraan bermotor, karena jalan kaki itu sehat dan menyehatkan. Dan tentunya jalan kaki juga bikin irit bensin dan ongkos bis kota..     ;)

Yang mau lebih cepat, bisa gowes sepeda sampai ke tempat tujuan..


Olah raga itu menyehatkan, lho...   :D






Yang ketiga, buat pak supir, kondektur, dan para pekerja di bidang jasa angkut. selamat mencari pekerjaan baru!!

Atau masih ingin bertahan dengan penghasilan yang tidak seberapa??

Jangan lupa, banyak polantas-polantas gendut itu yang juga minta jatah BLT dari kalian lho...    ;D

Kalau ketahuan KPK kita nyuap polisi, bisa berabe urusannya, boss!!






Dan yang keempat, mari kita sama-sama cari trik yang lain, karena saya sudah ga punya ide lagi...      ;D




Dan akhirnya, seperti kata iklan rokok waktu saya masih kecil, "NIKMATI SAJA, BUNG!!"
Baca Selanjutnya

Karena Cinta Bukan Matematika




Kira-kira 12 atau 13  tahun yang lalu seorang guru saya (semoga bisa disebut begitu!!) pernah bilang klo cinta itu bukanlah matematika. Bukan yang  satu dikurang satu sama dengan nol (1 - 1 = 0) .

Maksudnya, jika saya sudah mencintai seseorang, sebut saja Paijem, dan kemudian saya jatuh cinta lagi kepada orang lain, sebut saja Painem, bukan berarti cinta saya kepada Paijem akan berkurang..
Sebelum bertemu dengan Painem, prosentase cinta saya kepada Paijem adalah 100%, begitu juga saat saya jatuh cinta lagi kepada Painem, cinta saya kepada Paijem tetaplah 100% dan tidak berkurang.

Lalu berapa persen cinta baru saya kepada Painem??

Jawabannya sama.. 100%..

Kok bisa sama??
Jadi ada dua??
Ga berkurang??

Tentu saja tidak!! 
Karena seperti yang guru saya bilang dulu, cinta bukanlah matematika..

Yup!!
Cinta itu seperti pohon pisang.. Saat tumbuh besar dia akan bertunas dan bertunas lagi.. Tanpa mengurangi ukuran pohon yang sudah tumbuh terlebih dahulu.. Tunas-tunas baru akan tumbuh dan mulai menyebar..
Kira-kira seperti itulah cinta..

Itu kan pohon pisang..

Contoh realnya tentu juga ada kok..
Ini aseli dan saya alami sendiri..  Saya yakin kawan-kawan yang lain juga banyak yang mengalaminya..

Saya adalah anak pertama.. Ketika saya lahir bukan main bahagianya orang tua saya mendapatkan anak laki-laki yang ganteng... (Saya selalu pede soal itu!! Hihihii...  :D)
Cinta mereka sepenuhnya tercurah buat saya..Tak lama kemudian lahirlah adik saya yang cantik..  Apakah cinta ortu saya kepada saya berkurang??  Tentu tidak, kan??
Orang tua saya tetap mencintai saya sepenuh hati.. Begitu juga dengan adik saya yang cantik.. Cinta kami pun sepenuhnya tercurah untuknya..
Begitu juga ketika adik-adik saya yang lain hadir melengkapi kebahagiaan kami..

Klo perhatian??
Hehehehee...   :D

Tentu saja beda!!
Saya yang sudah besar dan dapat melakukan beberapa hal sendiri tentu akan dilepas untuk lebih mandiri.. Sedangkan adik saya yang baru lahir dan belum bisa apa-apa tentu mendapat perhatian yang jauh lebih besar..
Masak saya mau disamakan dengan bayi baru lahir??

Saya rasa sampai di sini, kawan-kawan sudah mengerti yang dimaksud guru saya dulu, bukan??

Tetapi klo saya menghubungkan hal ini dengan poligami, saya yakin banyak yang protes.. Terutama kawan-kawan saya dari kalangan ibu-ibu..  Klo hadap-hadapan, bisa-bisa saya sudah dilempar muntu (ulekan buat bikin sambel).. Hehehehhee....   :D

Pernah seorang kawan saya protes.. Kan cinta antara ortu ke anak atau kakak ke adik kan beda sama cinta seorang suami ke istri..

Lho??  Kita bahas cinta atau nafsu syahwat, ya??

Coba tanyakan kepada pasangan kakek nenek yang udah puluhan tahun hidup bersama..  Seperti apakah cinta itu??
Mungkin si nenek tetap marah-marah klo si kakek bilang mau nikah lagi...
Hehehehee...      :D

Ga tau perempuan yang sulit mengerti, atau tidak mau mengerti, atau saya yang sok ngerti??

Mungkin saya lah yang sok ngerti..     :D

Bukannya apa-apa..
Dari 12 orang istri nabi saya (insyaAllah beliau mengakui saya sebagai umatnya!!), ga ada yang melarang atau memprotes klo nabi hendak menikah lagi.. Bahkan mereka pun ga protes soal perhatian nabi yang lebih tercurah pada Aisyah..

Mengapa??

Karena mereka mengerti bahwa cinta adalah ruh, bukan fisik.. Cinta nabi kepada mereka selalu dapat mereka rasakan walaupun nabi berada jauh dari mereka.. Cinta nabi kepada istri-istrinya tak berkurang sedikit pun walaupun nabi menikah lagi..

Klo perhatian??

Seperti yang saya bilang  tadi.. Tentu berbeda!!  Perhatian nabi tentu lebih banyak tercurah buat Aisyah, karena memang Aisyah lebih membutuhkan perhatian itu..

Jadi itulah alasannya mengapa saya masih kurang mengerti alasan seorang perempuan tidak mau suaminya menikah lagi..
Padahal di jaman ini kan banyakan perempuannya daripada laki-lakinya..

Tapi seorang kawan perempuan saya pernah mencoba menjelaskannya dengan bertanya kepada saya, "Sekarang klo dibalik, Dik.. Lo punya bini, tapi bini lo kawin lagi..  Gimana perasaan lo??"

Hah?? Poliandri??
Idiihh...  Jijay amat!!
Mau jadi orang guling di neraka??  Itu kan haram..

"Klo seumpamanya dihalalkan, lo mau ga bini lo dibagi buat orang laen??" tanya dia lagi..

Saya sich ga mau berandai-andai soal yang ini.. Saya berpegang pada yang pasti-pasti dan sudah jelas saja status ke-halal-annya..  :D
(Ngeles...    Hihihihihiii....   :D)

"Klo kepepet emang pinter ngeles lo, ya!!  Gw cekek juga lo!!" katanya geram..

Dan saya pun lari menyelamatkan diri... Perempuan yang cantik pun bisa jadi sangat menyeramkan klo sedang murka..
Kabuuuurrr...
Hahahahaa....    :D

Dulu juga pernah seorang kawan saya yang lain  langsung nembak tepat di jantung fikiran saya..
Katanya, "Jangan cuma ngomong doank lo, Dik!! Buktikan klo lo bisa berpoligami!!"

Waduh!!
Saya memang mendukung dan tidak anti terhadap poligami..  Tapi untuk melaksanakannya, sepertinya saya belum siap..
Hahahahaa....  :D
Maaf ya mbak.. Tantanganmu tidak bisa saya penuhi...    :D

Oke..
Kesimpulan yang hendak saya sampaikan adalah cinta tak dapat diukur dengan matematika.. Cinta bukan yang satu dikurang satu sama dengan nol, tetapi cinta adalah yang satu ditambah satu sama dengan banyak..

Saat ada orang lain yang membuat seseorang jatuh cinta, bukan berarti cintanya kepada yang terdahulu hilang atau berkurang.. Tetapi tetap ada dan terus bersemayam dalam hati.. Mungkin juga bertransformasi (berubah) ke dalam wujud yang lain..  Tetapi akan tetap selalu ada..

Beruntunglah buat mbak-mbak semua yang dulu pernah saya nyatakan cinta..  Cinta saya kepada kalian masih sama seperti dulu lho..
Hehehheee....   :D

Bagaimana dengan cintanya para ABG jaman sekarang??
Waktu pacaran bilang cinta, tetapi waktu putus bilang benci??

Ah itu hanya karena mereka tak siap mengalami perpisahan.. Kebencian hadir karena tak mampu menerima kenyataan harus berpisah atau ditinggalkan.. Padahal perpisahan itu merupakan suatu keniscayaaan, seperti yang sudah paernah saya singgung pada cerpen Minggu Sore dan Jadah Goreng Dewi Kanistri dulu..
Atau juga karena rasa cemburu saat mantannya menjalin hubungan dengan yang lain..
Orang bilang, selama masih ada rasa cemburu, berarti masih ada cinta..

Lalu rasa bencinya??

Itu tergantung dengan kedewasaan dan kematangan cara berfikirnya.. Kalau dia bisa menanggapi semuanya dengan positif, maka kebencian tak perlu lagi hadir di hatinya..

Seorang kawan perempuan saya yang cantik (ehmm....  :D) pernah bilang, "Jangan terlalu dalam mencintai.. Karena semakin dalam kau mencintai, maka akan semakin berat dan menyakitkan saat menghadapi perpisahan.. Kalau kita punya cinta yang begitu dalam, berikanlah cinta itu untuk Mereka yang tak kan pernah meninggalkan kita..  Allah SWT dan Rasul-Nya.."
Baca Selanjutnya

SHIFTER - LUKA

kuredam rasa pilu hati
walau remuk dan merobek asaku

kini kucoba tuk tegarkan hatiku

dalam menjalani hariku


namun semua itu terlalu

terlalu sesakkan nafasku

saat bayangmu menggodaku


namun sadar ku harus menepis
semuanya tentang dirimu

kau telah patahkan asaku


tergores kembali
satu luka di hatiku
mengendap, memberat jiwa

kuingin berlari, mencoba tak tersentuh

oleh hasrat angan jiwa
di hariku

Baca Selanjutnya

Award ke-4 : Sahabat Blogger 2012




Satu lagi award yang saya terima di tahun ini. Kali ini dari blog seorang kawan saya,
Catatan Mahasiswa. Terimakasih, kawan..   :D

Dan tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja award ini saya bagi-bagikan kepada kawan-kawan yang selalu setia mengunjungi dan mensupport blog cindelaras ini.

Berikut daftar nama-nama blog tersebut :

  1. Gelora Sriwijaya
  2. Adhie Tokekx
  3. Dieza's Blog
  4. Seri Bahasa
  5. Uniknya
  6. Penghuni60
  7. Gue Muda Gue Go Blog
  8. Informatic Engineering Unsil
  9. Dunia Sharing
  10. Ruang Sharing
  11. Catatan Bazzo

Itu tadi nama-nama blog yang saya pilih dari buku tamu blog ini.
Jika kawan-kawan yang lain berminat dengan award tersebut, silakan komen, copy-paste awardnya, dan diposting. Nanti blog kawan akan saya masukkan ke dalam daftar di atas..

Happy bloging..   ^^

Baca Selanjutnya




Stats


Google PageRank Checker