Makhluk-Makhluk Cryptyd Yang Pernah Hidup Di Indonesia

Saat saya membaca beberapa blog misteri, salah satu kategori favorit saya adalah cryptology. Tapi sayangnya hanya sedikit saja blog-blog tersebut yang menulis tentang makhluk-makhluk cryptid dari negeri kita, Indonesia..

Mungkin yang saya tulis ini juga sudah ada di beberapa blog misteri. Tapi saya tidak akan megupas secara dalam makhluk-makhluk cryptid tersebut..

Indonesia memiliki beberapa makhluk cryptid yang cukup terkenal, bahkan sampai melegenda dan tidak asing lagi di telinga kita. Ada yang sudah ditemukan dan dinyatakan kebenarannya, ada yang hanya ditemukan bukti-bukti sekunder tentang keberadaannya, bahkan ada yang masih misterius dan masih menjadi legenda..

Berikut beberapa di antaranya ;

  1. Raksasa
    wayang raja raksasa rahwana
    Hohoho...
    Tentunya kawan-kawan semua sepakat bahwa makhluk ini hanyalah makhluk dongeng. Dari dongeng Candi Prambanan, dongeng Baratayudha, Ramayana, dan lain-lain.

    Meskipun begitu, raksasa aka butha aka giant hampir selalu ada di setiap legenda di tanah air kita.. Bahkan di hampir setiap belahan dunia.
    Bahkan di negeri Srilanka (dulunya Alengka), yang menurut masyarakat india kuno adalah kerajaan raksasa, memiliki sebuah bukti tentang keberadaan makhluk mirip manusia yang berbadan super guede itu..
    jejak kaki di puncak adam

    Di sebuah gunung yang mereka sebut sebagai gunung kupu-kupu aka gunung adam aka sivanolipatha malai, terdapat sebuah puncak yang disebut sebagai puncak adam, aka Sri Padha (jejak kaki suci). Di sana terdapat sebuah jejak kaki raksasa yang guedhe banget!! Panjangnya sekitar 1,8 meter!!

    Jejak kakinya aja segitu, gimana tinggi orangnya??

    Penganut Hindu mempercayainya sebagai jejak Siwa, penganut Budha mempercayainya sebagai jejak Budha, dan para penganut agama samawai (Yahudi, Kristen, dan Islam) meyakininya sebagai jejak kaki nabi Adam AS.

    Memang banyak umat agama samawi meyakini bahwa nabi Adam berbadan tinggi besar. Bahkan ada riwayat yang mengatakan tingginya hingga 45 hasta atau 27 meter.

    Well, mungkin memang itu jejak tapak kaki bapak moyang kita..  :D

    Nah!!
    Kembali ke topik raksasa..

    Meskipun sampai sekarang raksasa hanyalah merupakan sebuah legenda, tetapi dengan banyaknya kepercayaan tentang adanya wujud seperti manusia yang berbadan tinggi besar diatas normal, dan merata hampir di setiap penjuru dunia, saya rasa makhluk ini memang dulunya pernah ada di dunia. Meskipun bukti-bukti tentang keberadaan mereka nyaris tidak ada!!
    Heheheheee...  :D

    Atau mungkin, mereka adalah generasi pertama manusia. Yaitu anak cucu adam pada jaman baheula.. Yang begitu terkenal hingga melegenda.. Termasuk juga, mungkin mereka dulu pernah tinggal di negara kita ini??
    Mungkin saja!!


  2. Ropen
    ilustrasi ropen

    Ropen adalah makhluk sejenis Pteroductyl, atau burung purba yang diyakini sudah unah jutaan tahun yang lalu.. Namun menurut cerita turun-temurun masyarakat Papua (Irian Jaya dan Papua Newgenea), di tanah Papua masih terdapat jenis burung purba ini. Penampakan-penampakan makhluk ini banyak dilaporkan terjadi di pulau Umboi, Papua Newgenea.

    Ropen diyakini sebagai binatang nokturnal (aktif pada malam hari ), meskipun pernah juga terjadi penampakannya di siang hari. Pada malam hari, saat terbang biasanya mereka mengeluarkan sejenis cahaya. Makanan favoritnya adalah ikan, meskipun penduduk pulau Umboi (Papua Newgenea) mengatakan bahwa Ropen juga terkadang makan manusia..
    ilustrasi ropen

    Penampakan di siang hari pernah terjadi di langit indonesia. Sekitar 150 mil arah timur laut bali, pada juni 2008.
    Penampakan ropen itu disaksikan oleh pilot dan kopilot pesawat kecil jenis britten norman islander.
    Tapi sayangnya, saya tidak dapat menemukan nama pilot dan kopilot tersebut.. 
    Hehehehee..

    Mungkin saja, suatu saat nanti di salah satu lereng di pegunungan jaya wijaya tidak hanya akan ditemukan burung rajawali, tetapi mungkin juga akan ditemukan sekelompok Ropen..


  3. Orang Pendek Sumatera
    ilustrasi orang pendek

    Orang pendek aka uhang pandak adalah makhluk yang termasuk dalam keluarga primata.. Memiliki tinggi sekitar 70 sampai 120 cm (ada juga yang bilang sampai 150 cm), berjalan tegak seperti manusia, dan tubuhnya tertutupi rambut seperti orang utan (kecuali wajahnya)..

    Banyak kesaksian dari suku anak dalam di sumatera tentang keberadaan makhluk ini.. Beberapa penelitian juga sudah dilakukan.. Dan beberapa bukti sekunder, seperti jejaka kaki, juga telah didapatkan.. Maka, banyak yang meyakini bahwa keberadaan oarng pendek sumatera memang bukan hanya legenda..
    cetakan jejak kaki orang pendek
    jejak kaki orang pendek
    Hanya saja, sampai sekarang saya belum mendengar ada yang telah menangkap salah satunya, atau berhasil memfotonya, atau bahkan mendapatkan sampel DNA dari rambutnya..
    Sayang sekali..

     
  4. Hobbit Flores
    ilustrasi hobbit flores

    Hobbit Flores adalah sekelompok "manusia kerdil" yang tinggal di sebuah gua bernama Liang Bua beberapa ribu tahun yang lalu. Karena sekarang ini keberadaannya sudah dikonfirmasi oleh para ahli, maka sebenarnya makhluk ini tidak lagi dapat digolongkan dalam kelompok cryptyd.
    tapi karena keunikannya, maka saya masukkan juga ke dalam daftar ini..  :P

    Seperti halnya Orang Pendek Sumatera, mereka juga berpostur pendek. Paling tinggi, setinggi pinggang orang dewasa (sekitar 100 cm). Hanya saja, Hobbit Flores tidak berambut lebat pada tubuhnya seperti hanya Orang Pendek.

    Hobbit Flores lebih mirip disebut sebagai "manusia mini" karena kemiripannya dengan manusia.
    ilustrasi perbandingan hobbit dan manusia modern

    Hobbit Flores termasuk dalam golongan homo (manusia) da masih menjadi kontroversi. Sebagian peneliti meyakini bahwa hobbit adalah spesies baru, sebagian yang lain meyakini bahwa hobbit adalah sejenis manusia modern yang terkena penyakit microcephalus (kepala kecil/otak kecil) dan mengalami mutasi.
    perbandingan tengkorak hobbit dan tengkorak manusia modern

    Menurut penuturan para tetua masyarakat setempat, jaman dulu memang terdapat sekelompok orang yang tinggal dalam gua liang bua. Para penduduk waktu itu meyakini bahwa mereka adalah nenek moyang masyarakat sekitar. Dalam beberapa waktu sekali, masyarakat mengantarkan sesaji berupa makanan dari kampung ke gua liang bua.

    Menurut cerita, mereka ini sangat rakus. makanan yang disajikan dengan segera mereka habiskan, bahkan samapai-sampai tempat makanannya pun mereka makan..


    rakus amat?!?!?!


    Karena itulah para penduduk menyebut mereka sebagai "Ebu Gogo", yang artinya "yang memakan semuanya"..  :P


    Beberapa saudara kita penduduk pulau Flores hingga kini masih ada juga yang mempunyai ciri-ciri fisik menyerupai hobbit. Mereka bertumbuh pendek, dan bertelapak kaki lebar. Hal ini menambah keyakinan para peneliti yang skeptis. Mereka semakin yakin bahwa yang ditemukan di gua Liang Bua bukanlah sejenis spesies baru, melainkan manusia modern yang mengalami kelainan fisik..


    salah satu penduduk flores
  5. Komodo
    komodo
    Lho??
    Komodo kan bukan cryptyd!! Si Komo memang benar-benar eksis dan bisa kita jumpai..


    Yup!!
    Saat ini si Komo memang dengan mudah dapat kita jumpai di pulau Komodo. Tapi beberapa ratus tahun yang lalu, orang-orang Eropa masih menganggap Komodo hanya sebagai legenda fiksi saja.. Para pelaut Eropa yang pernah melihat Komodo bercerita bahwa mereka pernah berjumpa dengan sejenis "buaya darat" yang sangat ganas di gugusan pulau di timur pulau Jawa..


    Waktu itu orang-orang Eropa menganggap itu hanyalah legenda atau khayalan para petualang saja..


    Tapi sekarang, semua orang tahu bahwa si Komo memang benar-benar ada..

    Komodo, sebagian menyebutnya sebagai Naga Komodo, merupakan dinosaurus yang masih tersisa.. Sudah bertahan hidup selama jutaan tahun.. Jauh lebih tua dari ras manusia..



    Weleh.. Weleh.. Weleh..  Ternyata sudah tua juga ya si mbah Komo ini.. !!  :P


    Pulau Komodo sendiri kondisinya memang mirip  pulau purba di jaman dinosaurus.. Gugusan pulau karang dengan semak-semak dan sedikit pohon.. Akan lebih lengkap seandainya ada Ropen yang melintas di langit pulau Komodo..  :)


    pulau komodo




























    Saat ini, untuk sementara Komodo masuk ke dalam salah satu nominasi tujuh keajaiban dunia yang baru..

Yup!!
Itu tadi beberapa makhluk unik yang pernah hidup di nusantara. Sebagian mungkin hanya merupakan cerita fiksi yang melegenda.. Sebagian mungkin memang ada dan belum ditemukan.. Sebagian mungkin memang pernah ada, namun sekarang sudah punah.. Dan sebagian masih mampu bertahan hingga kini..

Mungkin teman-teman ada yang bisa menambahkan?? Makhluk apa lagi yang masih misterius di negeri kita??  selain jin, hantu, dan teman-temannya tentunya..  :D

Note:
Semua gambar ilustrasi dan foto pada artikel ini saya dapatkan dari kolom pencarian milik mbah Google.

17 komentar:

binkbenk 28 November 2011 10.52  

menarik sekali sobat...thanks

cindelaras 28 November 2011 13.21  

@binkbenk: makasih ya sudah sudi mampir dan komen.. :D

chaa ;) 28 November 2011 22.07  

Komodo tua namun sgt comel :DDD

cardiacku 29 November 2011 09.40  

Terima kasih sobat atas berbagi informasinya

cindelaras 29 November 2011 19.31  

@cha : maaf, comel itu artinya apa ya?? cantikkah?? keren / cool?? gagah?? mungkin kalau dalam bahasa inggris, saya malah lebih mengerti.. :D
terimakasih sudah membaca artikel saya dan memberi komentar.. :)

@cardiacku : sama2, kawan.. :)

@workshop: terimakasih kawan.. sama2 sukses ya.. :D

Melda's Diary 3 Desember 2011 18.58  

kok tak bisa chatbox ya?
Support ya teman :) jangan lupa support balik :)

Easy Official 6 Desember 2011 00.10  

wow..great history..

thumbdrive 6 Desember 2011 00.13  

nice pulau komodo..

kehidupan 6 Desember 2011 13.35  

wach,cerita legenda yang menarik

Arifin 23 Desember 2011 08.24  

ini berita yang sangat luar biasa... hebat kawan...kasih info kalo ada postingan baru dari ini blog... and izin sedot buat dongeng anak2 saya.... thanks!!!

cindelaras 26 Desember 2011 21.17  

@ melda : chatboxnya waktu itu emang lagi error.. tapi sekarang dah bisa kok... ^^
makasih buat supportnya.. dah ku support balik.. ^^

@easy official : thank tou... ^^

@thumbdrive : komodo island is the real jurassic park.. :D

@kehidupan : terimakasih... ^^

@arifin : monggo... silakan disedot.. ^^

@cinemaniak : makasih, kawan... ^^

makasih semua sudah bersedia mampir dan berkomentar pada tulisan saya... ^^

Ary_Putra 14 Februari 2012 22.29  

Tu mahkluk apaan ya gan.. mang asli ada tuh mahkluk...

Martapura Cyber 6 April 2012 14.55  

apa ini beneran ya

Blogaul 27 Agustus 2012 19.13  

Nice share sob

jam tangan cartier 11 Juni 2013 16.29  

menarik banget...ada indonesianya lagi...

Hadi Wahyu 31 Oktober 2013 20.15  

hebat indonesia :D

grosir tas branded murah
grosir tas branded original murah
tas branded handmade murah
tas branded murah
tas branded original murah

Wali Praja 30 Januari 2015 14.15  

kalau bisa ngelihat sendiri makhluk-makhluk yang disitu... sepertinya bakal keren........ !!!!
apalagi kalau bisa nemuin fosil raksasa atau generasi nabi para nabi yang puluhan meter... kebenaran alquran bakal bertambah lagi deh tuh :D

Posting Komentar

boleh copy-paste, namun mohon sertakan link langsung ke sumber postingannya. :)





Stats


Google PageRank Checker