MENIKMATI PERJALANAN

Ketika saya masih duduk di bangku SLTP dan aktif sebagai seorang pramuka penggalang, kegiatan yang paling saya senangi adalah jelajah alam. Bukan hanya karena "jalan-jalan" dan mencari petunjuk arah, tapi juga karena saya merasa damai, merasa bebas, dan merasa sangat senang berada di alam  bebas. saya bisa melihat banyak pohon, burung-burung, rerumputan, sungai, lembah, gunung, langit, dan semua yang membuat saya merasa sangat bahagia. Saya sangat menikmati perjalanan itu.

Yap!!
Pemandangan alam yang indah dan segarnya udara alam bebas yang saya dapatkan selama perjalanan dalam kegiatan jelajah alam itu membuat saya merasa senang.

Sekarang, sekitar 13 sampai 15 tahun kemudian, saya berfikir, bagai mana orang-orang di jaman dulu menikmati perjalanan mereka??

Saya berfikir, di jaman dahulu sebelum kendaraan ditemukan, manusia masih sedikit jumlahnya, dan alam sekitar masih berupa hutan belantara, orang-orang bepergian dengan berjalan kaki. Mengalami pengalaman yang setidaknya mirip dengan pengalaman saya dalam kegiatan jelajah alam dulu. Mereka melihat pemandangan indah, menghirup udara segar, merasa letih, senang, dan mendapatkan banyak hal selama dalam perjalanan untuk diceritakan sesampainya di tujuan.

Lalu, saat kuda dan gerobak ditemukan.. 

Orang-orang mulai beralih menaiki kendaraan tersebut. Manusia semakin banyak, perkampungan semakin luas, hutan pun berkurang. Dalam perjalanan orang-orang sudah tidak merasa terlalu lelah. Mereka masih bisa menikmati alam sekitar yang masih asri, indah, dan menyejukkan hati. Mereka masih bisa mendapatkan banyak hal yang bisa diceritakan sesampainya di tempat tujuan.. Tentu tidak sebanyak dengan para pejalan kaki, karena mungkin perjalanan mereka lebih cepat dari para pejalan kaki, sehingga yang mereka lihat di jalan lebih sedikit dari pada para pejalan kaki..

Kemudian, saat kendaraan bermotor ditemukan..
Manusia sudah semakin banyak. Hutan sudah banyak yang berkurang, karena digunakan sebagai lahan pertanian, perumahan, bisnis, dan jalan raya.. Orang-orang semakin mendambakan kecepatan dalam perjalanannya. Mereka mulai tidak terlalu peduli dengan pemandangan alam di sekitarnya saat dalam perjalanan. Yang penting, cepat sampai di tujuan. Meskipun tidak semua orang seperti itu. Banyak juga yang masih mengharapkan pemandangan indah di sepanjang perjalanannya. Tapi yang jelas, mereka tidak akan mendapatkan sensasi keindahan alam seperti yang didapatkan para pejalan kaki. Mereka juga tidak mengalami keletihan yang sama dengan para pejalan kaki. Dan pastinya, hal yang dapat mereka ceritakan sesampainya di tempat tujuan, tidak akan seseru dan sekomplit yang diceritakan para pejalan kaki..

Saat orang-orang lazim naik pesawat..
Waktu tempuh yang dulu hingga berbulan-bulan, kini berubah jadi hitungan jam. Bahkan menit!! Manusia semakin banyak dan tak terkontrol. Dunia semakin sesak. Alam semakin gersang. Hutan mulai habis. Keindahan mulai pudar.. Orang sudah tidak peduli dengan pemandangan alam yang didapatnya selama perjalanan. Yang penting, cepat sampai tujuan!! Cerita apa yang mereka dapat dari perjalanan mereka???

Kemudian teleportasi pun digunakan..
Saat ini, orang-orang benar-benar sudah tak peduli lagi dengan perjalanannya. Dengan menggunakan sistem teleportasi, manusia bisa memindahkan diri kemana saja dengan sekejap. Atau bisa juga memakai pintu kemana saja-nya Doraemon. Atau pakai pintu seperti di film Stargate. Tak ada yang peduli lagi dengan perjalanan itu sendiri.
Dan karena dunia sudah sedemikian sesaknya, maka setiap orang punya pintu ke mana saja-nya masing-masing. Jadi jika saat ini saya sedang menulis blog dan kemudian mau makan, saya tinggal menyetel pintu kemana saja saya ke warteg. Dan mungkin, yang melayani saya adalah sebuah robot, karena yang punya warteg sedang nongkrong di toiletnya di tegal. Dia kesana pake pintu kemana saja, dua detik yang lalu. Dan satu detik lebih  sembilan per sepuluh detik yang lalu dia sudah ada di dalam toiletnya..

dan pada saat itulah perjalanan sudah tak lagi mempunyai arti..

1 komentar:

Blog Keperawatan 12 Februari 2012 pukul 13.44  

Kalau naik pesawat tidak bisa menikmati perjalanannya sahabat...karena bisanya sebentar
Nice share sahabat
Follow 91

Posting Komentar

boleh copy-paste, namun mohon sertakan link langsung ke sumber postingannya. :)



Stats


Google PageRank Checker